Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia Dini Melalui Metode Audio Visual (bernyanyi)

Main Article Content

Hilda Zahra Lubis
Kartika Tri Amalia
Ramita Ramita
Shofiyatul Af-idah

Abstract

Untuk anak-anak usia dini yang belajar Bahasa Arab sebagai bahasa asing, bernyanyi adalah salah satu pendekatan yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan keunggulan dari pendekatan bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab anak usia dini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode review literatur, yaitu analisis buku dan jurnal yang berkaitan dengan teknik bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk anak usia dini. Studi ini menemukan lima keuntungan dari metode bernyanyi untuk mengajar anak usia dini Bahasa Arab: 1) Metode ini dapat membantu tiga komponen utama pembelajaran Bahasa Arab: fonologis (ashwat) atau pengucapan, morfologis (mufradat) atau kosa kata, dan sintaksis (nahwiy) atau kaidah.Metode benyanyi juga membantu empat keterampilan dasar berbahasa Arab: menyimak (istima'), membaca (qira'ah), dan berbicara (kalam) dan menulis (kitabah). Bernyanyi dapat membuat anak yang pendiam bersemangat dan aktif. 4) Metode bernyanyi menjadi solusi untuk kejenuhan, yang merupakan salah satu musuh utama dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai bahasa asing. 5) Metode bernyanyi menjadi sarana untuk memahami agama dan mengajar karakter atau keteladanan

Article Details

How to Cite
Zahra Lubis, H., Tri Amalia, K. ., Ramita, R., & Af-idah, S. . (2024). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia Dini Melalui Metode Audio Visual (bernyanyi). Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 448–456. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.301
Section
Artikel