Manajemen Keuangan Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan implementasi manajemen keuangan di lembaga pendidikan Islam. Fokus pembahasan mencakup lima aspek utama, yaitu konsep manajemen keuangan pendidikan Islam, prinsip-prinsip manajemen keuangan di lembaga pendidikan Islam, perencanaan keuangan, pelaksanaan anggaran, serta pengawasan pelaksanaan anggaran di lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber literatur dari buku, jurnal, dan dokumen lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keuangan pendidikan Islam bertumpu pada nilai-nilai syariah, seperti transparansi, akuntabilitas, keadilan, dan efisiensi. Konsep ini menjadi pedoman dalam pengelolaan keuangan di lembaga pendidikan Islam. Prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam proses perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan, penyusunan anggaran, dan pengalokasian dana secara proporsional. Pelaksanaan anggaran dilakukan dengan memastikan kesesuaian antara rencana dan realisasi penggunaan dana. Pengawasan pelaksanaan anggaran berperan penting dalam menjaga akuntabilitas dan mencegah terjadinya penyimpangan, yang dilakukan melalui audit internal dan evaluasi berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi lembaga pendidikan Islam dalam mengembangkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Implikasi dari penelitian ini juga memberikan wawasan bagi pengelola pendidikan Islam dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan pengendalian anggaran secara optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.