Peran Revitalisasi Tradisi Hombo Batu dan Tari Mayo dalam Pendidikan Karakter: Studi Sosio-Kultural pada Pembentukan Identitas Peserta Didik

Main Article Content

Eduard Swajar Zai
Hasvia Rahmanisa A

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas revitalisasi tradisi Hombo Batu dari Nias dan Tari Mayo Nias dalam pendidikan karakter peserta didik tingkat SMA. Tradisi tersebut dipilih karena mengandung nilai-nilai penting seperti keberanian, kedisiplinan, dan kebersamaan, yang relevan dalam pembentukan identitas generasi muda. Pendekatan studi kasus yang digunakan dengan metode deskriptif analitis dengan menganalisis penelitian-penelitian terdahulu, didukung oleh kerangka konseptual berbasis teori sosio-kultural dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tradisi Hombo Batu dan Tari Mayo ke dalam proses pendidikan tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang budaya lokal, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai moral yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pendidikan karakter berbasis budaya lokal di Indonesia. Studi ini merekomendasikan implementasi lebih luas pada konteks sekolah untuk memperkuat pendidikan karakter dan pelestarian budaya.

Article Details

How to Cite
Swajar Zai, E., & Rahmanisa A, H. (2024). Peran Revitalisasi Tradisi Hombo Batu dan Tari Mayo dalam Pendidikan Karakter: Studi Sosio-Kultural pada Pembentukan Identitas Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 505–509. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.308
Section
Artikel