Implementasi Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pentingnya pembelajaran yang disesuaikan dengan bakat setiap peserta didik. Guru perlu merancang pembelajaran yang dapat mengakomodasi beragam kemampuan peserta didiknya. Banyak siswa yang masih kesulitan untuk memahami dan menguasai materi simbiosis saat belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memastikan upaya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Teaching At the Right Level (TaRL). Pendekatan ini dirancang untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan tingkat kemampuan peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan metode campuran (mixed methods) yang mengkombinasikan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif . Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji-t, dan perhitungan N-Gain. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, memungkinkan analisis lanjutan dengan uji-t. Uji-t parsial menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan nilai korelasi 0.726 (p < 0.05), yang mengindikasikan hubungan positif antara pre-test dan post-test. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan kategori peningkatan sedang. Temuan ini memperkuat efektivitas pendekatan TaRL dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik secara signifikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.