Efektivitas Model PBL dengan Pendekatan CRT Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah, terlihat dari hasil PISA 2018 yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-72 dari 78 negara. Rendahnya literasi ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran konvensional yang kurang relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini mengkaji efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan literasi matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain sequential explanatory, melibatkan 23 siswa kelas VI B SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi matematis siswa setelah penerapan model PBL berbasis CRT. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji normalitas, uji t, dan analisis N-Gain, di mana rata-rata peningkatan sebesar 67,96%, sehingga dapat dikatakan cukup efektif. Pendekatan CRT, dengan mengintegrasikan konteks budaya dan kehidupan ke dalam pembelajaran, mampu meningkatkan relevansi pembelajaran, maka implementasi model PBL dengan pendekatan CRT efektif meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.