Analisis Pembelajaran Berbasis Kinestetik pada Materi Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi kesulitan siswa selama pembelajaran berbasis kinestetik, mengukur peningkatan pemahaman konsep dasar bangun ruang setelah penerapan metode tersebut, serta menganalisis keefektifan pembelajaran berbasis kinestetik secara keseluruhan pada siswa kelas IX SMPN 12 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selama proses pembelajaran guru menggunakan pembelajaran berbasis kinestetik dan di akhir pembelajaran siswa mengisi lembar angket untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami selama kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran berbasis kinestetik ini dapat dijadikan alternatif agar kegiatan pembelajaran tidak monoton yang membuat siswa bosan dan berdampak akan pemahaman siswa pada materi yang diajarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman peserta didik dan metode pembelajaran yang digunakan pada materi bangun ruang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.