Pemanfaatan Metode Board Rush dalam Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Board Rush dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Board Rush merupakan metode pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung untuk menuliskan jawaban atau ide di papan tulis secara cepat dan bergantian. Metode ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, kerja sama kelompok, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan metode Board Rush dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan angket kepuasan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Board Rush secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, siswa yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan metode ini melaporkan tingkat motivasi dan partisipasi yang lebih tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, metode Board Rush dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.