Pengembangan Media Visual Perasa Lidah untuk Siswa Kelas III di Sekolah Dasar

Main Article Content

Friendha Yuanta
Syal Sa Billa Intan Romadona
Gandes Larasati
Rizki Nabila Rivalda
Carmelia Putri Luna Wea Luna Wea
Carmelia Putri Luna Wea Luna Wea
Simonsius Aldiano Damon

Abstract

Jurnal ini membahas tentang pengembangan media ajar visual indera perasa lidah untuk kelas III yang dibuat efektif untuk pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menemukan kebutuhan dan masalah dalam pembelajaran konsep rasa dengan melihat literatur terkait pengajaran sains, khususnya tentang indera perasa dan media pembelajaran. Indera perasa lidah merupakan salah satu komponen penting dalam proses pengenalan rasa makanan. Penggunaan media visual dapat meningkatkan pemahaman siswa karena usia siswa lebih peka terhadap media visual. Media ini menghadirkan informasi tentang jenis-jenis rasa yakni pahit, asam, asin, dan manis. Penggunaan media ajar ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam materi indera perasa lidah. Metode penelitian data dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu mempelajari, menelaah, dan menganalisis jurnal dan artikel dari peneliti sebelumnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil media ini diharapkan dapat memberikan referensi pendidik dalam memilih media untuk membantu pemahaman peserta didik serta memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif disekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Yuanta, F., Romadona, S. S. B. I. ., Larasati, G. ., Rivalda, R. N. ., Luna Wea, C. P. L. W., Luna Wea, C. P. L. W., & Damon, S. A. . (2025). Pengembangan Media Visual Perasa Lidah untuk Siswa Kelas III di Sekolah Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 190–193. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.352
Section
Artikel