IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR KEWIRAUSAHAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan memiliki tujuan untuk memberikan pengalman belajar dan menciptakan proses belajar, sehingga menuntut peserta didik untuk memahami meteri. Namun demikian, mahasiswa masih mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Oleh karena itu, adanya pemilihan dan penggunaan metode yang tepat dalam menyajikan suatu materi dengan menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), yaitu merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang berbasis proyek, di mana mahasiswa dan dosen menjalankan suatu proyek yang pelaksanaanya dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa dengan penerapan pembelajaran berbasis PjBL. Penelitian ini merupajkan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data kemampuan kognitif mahasiwa dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan tes ujian pilihan ganda di akhir masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan nilai rata-rata sebesar 67,33%, meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata sebesar 82,67 %.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.