Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Pengengembangan dan Implementasi

Main Article Content

M Ihsan
Sri Muharyati
Zaitun Zaitun

Abstract

Kurikulum   Merdeka   adalah   suatu   kebijakan   pendidikan   yang   diperkenalkan   di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan lebih kepada satuan  pendidikan  dalam  merancang  proses  belajar  mengajar  yang  lebih  sesuai dengan  kebutuhan  peserta  didik,  serta  meningkatkan  kualitas  pendidikan  di  tingkat dasar  dan  menengah.  Jurnal  ini  mengkaji  analisis  kebijakan  Kurikulum  Merdeka, dengan fokus pada aspek pengembangan dan implementasinya. Pentingnya kebijakan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menanggapi tantangan global yang semakin kompleks serta mempersiapkan peserta didik dengan keterampilan abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan sosial yang tinggi. Hasil dari analisis  menunjukkan  bahwa  meskipun  kebijakan  Kurikulum  Merdeka  memiliki potensi   untuk   memperbaiki   kualitas   pendidikan   di   Indonesia,   tantangan   dalam pengembangan  dan  implementasinya  masih  memerlukan  perhatian  serius.  Beberapa faktor  yang  mempengaruhi  keberhasilan  implementasi  meliputi  kesiapan  tenaga pendidik  dalam  merancang  dan  melaksanakan pembelajaran  yang  berbasis  pada kebebasan  dan  fleksibilitas,  serta  keterlibatan  semua  pihak  terkait  dalam  proses transisi ini. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara kebijakan, pelatihan guru, serta peningkatan    infrastruktur    dan    sumber    daya    pendidikan    untuk    memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.

Article Details

How to Cite
Ihsan, M., Muharyati , S. ., & Zaitun, Z. (2025). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Pengengembangan dan Implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 62–69. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.359
Section
Artikel