Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Pengengembangan dan Implementasi
Main Article Content
Abstract
Kurikulum Merdeka adalah suatu kebijakan pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan lebih kepada satuan pendidikan dalam merancang proses belajar mengajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Jurnal ini mengkaji analisis kebijakan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada aspek pengembangan dan implementasinya. Pentingnya kebijakan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menanggapi tantangan global yang semakin kompleks serta mempersiapkan peserta didik dengan keterampilan abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan sosial yang tinggi. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa meskipun kebijakan Kurikulum Merdeka memiliki potensi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia, tantangan dalam pengembangan dan implementasinya masih memerlukan perhatian serius. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi meliputi kesiapan tenaga pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berbasis pada kebebasan dan fleksibilitas, serta keterlibatan semua pihak terkait dalam proses transisi ini. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara kebijakan, pelatihan guru, serta peningkatan infrastruktur dan sumber daya pendidikan untuk memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.