Analisis Kesalahan Siswa dengan Menerapkan Teori Watson Berdasarkan Gaya Belajar

Main Article Content

Mohammad Ridho’i
Candrika Wulan Febrianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan dan penyebab yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan menerapkan Teori Watson, disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 2 di SMK PGRI 5 Jember. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam kesalahan dan pemahaman berdasarkan gaya belajar. Subjek dengan gaya belajar visual mengalami perbedaan pemahaman pada aspek prosedur yang tidak tepat dan data yang hilang, serta perbedaan kesalahan dalam manipulasi tidak langsung dan konflik level respon. Subjek dengan gaya belajar auditorial menunjukkan perbedaan pemahaman dalam prosedur yang tidak tepat dan data yang hilang, serta kesalahan dalam manipulasi tidak langsung. Sementara itu, subjek dengan gaya belajar kinestetik cenderung mengalami kesalahan dalam aspek masalah hierarki keterampilan. Kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita program linear umumnya disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi serta konsep-konsep dalam program linear.

Article Details

How to Cite
Ridho’i, M., & Febrianti, C. W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dengan Menerapkan Teori Watson Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 547–555. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.360
Section
Artikel