Pengaruh Aktualiasasi Diri, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar, Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika

Main Article Content

Hasmawati Hasmawati
Syaharuddin Syaharuddin

Abstract

Penelitian ini mengkaji hasil belajar IPA fisika siswa kelas IX SMP di Kabupaten Jeneponto yang dipengaruhi oleh aktualisasi diri, perhatian orang tua melalui motivasi belajar dengan sampel penelitian 390 siswa yang ambil dengan menggunakan teknik ratio stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen: (1) angket aktualisasi diri; (2) angket perhatian orang tua; (3) angket motivasi belajar; dan (4) tes hasil belajar IPA fisika. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA fisika siswa kelas IX SMP di Kabupaten Jeneponto dipengaruhi signifikan oleh aktualisasi diri, perhatian orang tua, dan motivasi belajar; (2) hasil belajar IPA fisika siswa kelas IX SMP di Kabupaten Jeneponto dipengaruhi signifikan oleh aktualisasi diri siswa dan perhatian orang tua siswa melalui motivasi belajar.

Article Details

How to Cite
Hasmawati, H., & Syaharuddin, S. . (2024). Pengaruh Aktualiasasi Diri, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar, Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 562–571. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.367
Section
Artikel