Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Phet Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis

Main Article Content

Mohammad Zaky Tatsar
Siti Fatimatuzzahro

Abstract

Teknologi sebagai media pembelajaran abad 21 memungkinkan guru mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif, mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum, dan mempersiapkan peserta didik menghadapi masa depan yang didorong oleh kemajuan teknologi (Said, 2024). Kurikulum merdeka dan teknologi canggih memfasilitasi pembelajaran berpusat pada peserta didik dan mengembangkan keterampilan abad 21. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2024 di SMA Negeri 4 Pasuruan, dari 16 September hingga 31 Oktober 2024, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design (one group pretest-posttest design). Persentase keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh kedua pengamat adalah 86% dan 88% (kategori tinggi). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan model pembelajaran CTL termasuk tinggi di setiap kelas eksperimen. Hasil angket menunjukkan peserta didik menyukai model pembelajaran CTL berbantuan PhET Virtual Laboratory. Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan model ini tergolong tinggi pada pertemuan pertama dan sangat tinggi pada pertemuan kedua (86% dan 88%).

Article Details

How to Cite
Tatsar, M. Z. ., & Fatimatuzzahro, S. . (2025). Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Phet Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 70–76. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.368
Section
Artikel