Hubungan Persepsi Diri dan Motivasi Kerja Guru Mata Pelajaran Produktif Kejuruan Dengan Kemampuan Mengintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)

Main Article Content

Nimas Dian Fitria
Didik Nurhadi
Tuwoso Tuwoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengukur secara terpisah hubungan antara persepsi diri dengan kemampuan mengintegrasikan TPACK, variabel motivasi kerja dengan kemampuan mengintegrasikan TPACK, dan hubungan simultan antara variabel persepsi diri dan motivasi kerja. dengan kemampuan untuk mengintegrasikan TPACK. Populasi penelitian terdiri dari 121 guru, sementara sampel penelitian adalah 103 guru mata pelajaran produktif kejuruan dari 5 SMK di Kabupaten Lumajang  yang terakreditasi A baik dari segi kelembagaan maupun program keahlian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembuatan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data deskriptif dan analisis korelasi dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi diri dengan kemampuan mengintegrasikan TPACK yang ditunjukkan dengan p hitung = 0,000 pada taraf signifikansi 0,05; (2) ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kemampuan mengintegrasikan TPACK yang ditunjukkan dengan p hitung = 0,000 pada taraf signifikansi 0,05; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi diri dan motivasi kerja dengan kemampuan mengintegrasikan TPACK. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara persepsi diri dan motivasi kerja guru pada mata pelajaran produktif SMK dengan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan TPACK dalam pembelajaran

Article Details

How to Cite
Dian Fitria, N., Nurhadi, D. ., & Tuwoso, T. (2025). Hubungan Persepsi Diri dan Motivasi Kerja Guru Mata Pelajaran Produktif Kejuruan Dengan Kemampuan Mengintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 89–97. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.370
Section
Artikel