Analisis Kesalahan Berbahasan Pada Teks Pidato Siswa Kelas VIII C SMP Ar Raudloh KarangTanjung

Main Article Content

Muhamad Amin Mustofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam teks pidato siswa kelas VIII C SMP Ar Raudloh Karangtanjung, khususnya dari aspek ejaan dan tanda baca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah kebahasaan yang benar, meskipun guru telah memberikan pembelajaran mengenai ejaan dan tanda baca. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa (23 orang) melakukan kesalahan dalam aspek ejaan dan sebagian besar (10 orang) juga melakukan kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Kesalahan yang ditemukan meliputi penulisan huruf kapital yang tidak tepat, penggunaan tanda baca koma dan titik yang keliru, serta kesalahan penulisan kata. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pembelajaran kebahasaan yang lebih intensif dan terarah dalam proses pembelajaran menulis, khususnya dalam penulisan teks pidato.

Article Details

How to Cite
Amin Mustofa, M. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasan Pada Teks Pidato Siswa Kelas VIII C SMP Ar Raudloh KarangTanjung. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 98–117. Retrieved from https://jurnal.pcmkramatjati.or.id/index.php/JIPMUKJT/article/view/398
Section
Artikel