Metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun
Main Article Content
Abstract
Sains merupakan suatu ilmu yang perlu untuk dikuasai sebagai ilmu dasar basic science yang merupakan fondasi berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode pembelajaran sains masih jarang di terapkan, guru juga kurang memahami dalam penggunaan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sains di taman kanak-kanan bisa berjalan dengan baik dan mudah diterapkan di anak usia dini, mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan guru, menganalisis aktivitas yang dilakukan anak, serta menganalisis hasil pengembangan kemampuan sains anak dan menambah pengetahuan dalam implementasi metode eksperimen di lembaga TK. Jenis metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah kelompok B TK Negeri Pembina sebanyak 15 anak yang terdiri dari 9 perempuan dan 6 laki-laki.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.