Implementasi Model Numbered Heads Together (NHT) dan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Husriani Husain
Yasriuddin Yasriuddin
Muh.Usman Taufik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Melalui metode studi literatur dengan analisis isi terhadap artikel yang relevan, ditemukan bahwa kombinasi NHT dan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika, motivasi, keterampilan berpikir kritis, serta komunikasi matematis siswa. Temuan menunjukkan bahwa kedua model ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah kontekstual. Meskipun terdapat beberapa tantangan implementasi seperti keterbatasan waktu dan kesiapan guru, hasil kajian ini memperkuat bukti bahwa NHT dan PBL merupakan pendekatan yang adaptif dan efektif di berbagai jenjang pendidikan. Rekomendasi diberikan untuk pelatihan guru, penyediaan sarana pendukung, serta strategi diferensiasi untuk meningkatkan keberhasilan implementasi.

Article Details

How to Cite
Husain, H., Yasriuddin, Y., & Taufik, M. . (2025). Implementasi Model Numbered Heads Together (NHT) dan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 6(1), 139–145. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v6i1.402
Section
Artikel