PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI SUKABUMI

Main Article Content

Heri Ginanjar
Derry Nugraha
Nestaria Noviar
Ria Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI SUKABUMI. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI SUKABUMI Program Studi Pendidikan Ekonomi-AKuntansi dan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan semester 1, 3, 5 dan 7 dengan sampel sebanyak 125 mahasiswa. Intrument yang digunakan adalah kuisioner atau angket dengan menggunakan  skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI SUKABUMI. Karena berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. untuk Motivasi Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar (Y) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8,252 > t tabel 1,979. 2) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikandan positif terhadap hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI SUKABUMI. Karena berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. untuk pengaruh Lingkungan Keluarga (X2) terhadap Hasil Belajar (Y) sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai t hitung 2,864 > t tabel 1,979. 3) Motivasi belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI SUKABUMI. Karena berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Sig. untuk pengaruh Motivasi Belajar (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) secara simultan terhadap Hasil Belajar (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 123,820 > F tabel 3,06.

Article Details

How to Cite
Ginanjar, H. ., Nugraha, D., Noviar, N. ., & Rahmawati, R. . (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI SUKABUMI. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i1.44
Section
Artikel