PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF T-LEARNING (TEMATIK LEARNING) BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI ENERGI DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Olvia Fakhirah
Mhd Rafki Lubis
Abdul Manaf Harahap
Porma Sitangkas
Suci Rahmadiyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif T-Learning (tematik learning) berbasis software Articulate Storyline 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Model ini meliputi empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipete Selatan 01 dengan subjek uji coba kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan penilaian oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan siswa. Hasil penilaian yang didapatkan oleh para ahli diantaranya, skor rata-rata 91% dari ahli media, 91% dari ahli materi, dan 98% dari ahli bahasa, dengan kategori sangat layak. Pada penilaian angket siswa, dilakukan dua uji coba, diantaranya uji coba terbatas dengan perolehan nilai rata-rata 92%, dan uji coba diperluas dengan perolehan nilai rata-rata 94% sehingga keduanya mendapat kategori “sangat layak”. berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran interaktif T- Learning berbasis Articulate Storyline 3 pada materi energi di sekolah dasar dinyatakan sangat layak digunakan pada pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fakhirah, O., Lubis , M. R., Harahap , A. M. ., Sitangkas , P. ., & Rahmadiyanti , S. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF T-LEARNING (TEMATIK LEARNING) BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI ENERGI DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i1.58
Section
Artikel