APLIKASI TIK TOK DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DI SDN 158 PALEMBANG

Main Article Content

Mardiah Astuti
Mutyati Mutyati
Devi Dwita Sari
Safana Salsabila
Amanahtul Khoeriyah
Ainun Jariyah
Muahammad Dzaki Riandra Abroor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi TikTok dan perkembangan psikologi anak SD N 158 Palembang. Dalam era digital saat ini, aplikasi media sosial seperti TikTok telah menjadi bagian integral dari kehidupan anak-anak. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data melalui survei dan wawancara dengan anak-anak sekolah dasar serta orang tua mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok memiliki dampak signifikan pada perkembangan psikologi anak-anak. Secara positif, aplikasi ini dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan sosial, dan ekspresi diri anak-anak. Namun, juga ditemukan bahwa penggunaan berlebihan atau tidak terkontrol dapat mengakibatkan gangguan tidur, peningkatan kecemasan, dan penurunan kinerja akademik. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi TikTok pada anak sekolah dasar memiliki potensi baik dan buruk terhadap perkembangan psikologi mereka. Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik dalam mengawasi dan membimbing anak-anak dalam penggunaan aplikasi ini menjadi penting untuk memaksimalkan manfaat positifnya sambil meminimalkan dampak negatifnya.

Article Details

How to Cite
Astuti, M., Mutyati, M., Sari, D. D., Salsabila, S. ., Khoeriyah, A. ., Jariyah, A. ., & Riandra Abroor, M. D. (2024). APLIKASI TIK TOK DAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DI SDN 158 PALEMBANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 41–46. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.59
Section
Artikel