DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLIOGI PADA PSIKOLIGIS ANAK DI SD 157 PALEMBANG

Main Article Content

Mardiah Astuti
Mutyati Mutyati
Silvi Ike Fitasari
Ledis Karmila
Eliza Haryati
Erni Erni
Ibrahim Ibrahim

Abstract

Penggunaan teknologi sekarang ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari anak-anak di sekolah dasar (SD) saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak penggunaan teknologi pada psikologis anak-anak di SD 157 Palembang. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan terjun langsung di lapangan untuk pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan melalui triangulasi, yakni triangulasi waktu, sumber dan metode. Penelitian ini terdiri dari beberapa siswa SD dari berbagai tingkat kelas. Penggunaan teknologi pada anak-anak SD memiliki dampak yang signifikan. Ini dapat meningkatkan stres dan kecemasan, mengurangi kualitas hubungan sosial, namun juga meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Pemahaman tentang dampak ini penting untuk mengelola penggunaan teknologi yang sehat bagi kesejahteraan anak-anak. Namun, teknologi pada anak-anak SD memiliki dampak ganda. Selain meningkatkan kemampuan kognitif, seperti pemecahan masalah dan akses ke pendidikan, juga dapat meningkatkan stress dan kecemasan. Ini memerlukan pemahaman komprehensif dari pendidik, orang tua, dan pihak terkait untuk mengelola penggunaan teknologi demi kesejahteraan anak-anak.

Article Details

How to Cite
Astuti, M., Mutyati, M., Fitasari, S. I. ., Karmila , L. ., Haryati, E. ., Erni , E., & Ibrahim, I. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLIOGI PADA PSIKOLIGIS ANAK DI SD 157 PALEMBANG . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v4i1.60
Section
Artikel