PERKEMBANGAN KEBERHASILAN PSIKOLOGI ANAK DI KELAS V SDN 126 PALEMBANG

Main Article Content

Mardiah Astuti
Mutyati Mutyati
Vyolin Margaretha
Riztya Anggi
Kulsum Kulsum
Syalsya Bila
Alya Wafiq Aziza

Abstract

Artikel ini membahas tentang keberhasilan pengembangan psikologi anak di SDN 126 Palembang yang fokus pada siswa Kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keberhasilan perkembangan psikologis anak kelas V dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan perkembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan psikologis anak kelas V dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain lingkungan keluarga, pendidikan, dan interaksi sosial. Faktor-faktor tersebut saling berhubungan dan dapat mempengaruhi kesehatan psikologis anak. Dalam konteks pendidikan, hasil penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana sekolah dan guru dapat berperan dalam mendukung perkembangan psikologis anak. Hasil ini juga menyoroti pentingnya kerja sama antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan komprehensif anak. Makna praktis dari penelitian ini adalah perlunya program pendidikan dan dukungan psikologis yang lebih komprehensif bagi anak kelas 5 SD untuk menjamin keberhasilan perkembangan psikologis mereka selama masa pertumbuhan yang penting ini.

Article Details

How to Cite
Astuti, M. ., Mutyati, M., Margaretha, V. ., Anggi, R. ., Kulsum, K., Bila, S., & Aziza, A. W. (2024). PERKEMBANGAN KEBERHASILAN PSIKOLOGI ANAK DI KELAS V SDN 126 PALEMBANG . Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 47–53. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.61
Section
Artikel